Minggu, 02 November 2014

on Leave a Comment

Reflective Essay Pangsar Jendral Soedirman



Nama : Wildan Yanuar Tri Wibowo
NIM : G1D014049
Tugas : Reflective Essay Pangsar Jendral Soedirman
Kelompok : 5

REFLECTIVE ESSAY

Diskripsi
            Jumat, 24 November 2014 pukul 07.00. Kami memulai kunjungan ke Pangsar Jenderal Soedirman. Kami memulai perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dan ada juga yang menggunakan angkot (angkutan kota). Kami memulai kunjungan kira-kira jam 08.00, di monumen Pangsar Jenderal Soedirman telah berjaga guide atau seseorang yang memberi arahan dan penjelasan tentang sejarah Pangsar Jendral Soedirman. Guide tersebut menjelaskan sejarah Pangsar jendral Soedirman, hingga Soedirman dilahirkan dan sampai Soedirman meninggal.
Perasaan
            Saya merasa terharu, dan juga termotivasi untuk lebih menghargai hidup dan waktu. Saya merasa kecil hati karena saya hidup seperti tidak ada perjuangannya. Berbeda dengan Pangsar jendral Soedirman, dia semasa remajanya, berjuangan untuk membela negara Indonesia yang tercinta ini.
Evaluasi
            Pada saat awal penjelasan saya merasa biasa-biasa saja, tidak memperdulikan kisah tentang pangsar jendral soedirman. Tetapi setelh mendengar kisah perjuangannya yang sangat hebat, saya, mulai termotivasi untuk ,melakukan perubahan pada diri saya.

Analisis
            Pada tanggal 24 Oktober 2014, adalah awal dari perubahan saya. Perubahan untuk menjadi yang terbaik. Saya mulai merasa apa yang ada pada diri saya memiliki darah juang untuk mempertahankan Indonesia.  

Kesimpulan
            Dari semua kegiatan yang telah dilakukan di monumen pangsar jendral soedirman, saya mulai mengerti apa arti hidup sebenarnya. Hidup itu hanya sementara, jadi manfaatkan hidup semaksimal mungkin untuk beribadah, mencari ilmu, dan membuat negara Indonesia ini menjadi negara yang lebih baik dari sebelumnya.           
Langkah Aksi
            Mulai saat ini dan seterusnya, saya akan lebih manghargai perjuangan seseorang. Menjadi orang yang dapat memecahkan masalah dalam berbagai aspek kehidupan. 


0 komentar:

Posting Komentar

Wildan Yanuar Tri Wibowo. Diberdayakan oleh Blogger.